Cari Blog Ini

Laman

Rabu, 18 Agustus 2010

Kemerdekaan Indonesia pada bulan Ramadhan








Negara Kesatuan Republik Indonesia, atau yang disingkat NKRI, negara kita, negara yang katanya gemah ripah loh jinawi, ternyata merdeka pada bulan Ramadhan, bertepatan pada tanggal 17 Agustus 1945, dan ternyata momentum proklamasi negara kita tersebut jatuh pada hari jum'at, tanggal 17 Ramadhan.



Hari Jum'at, hari yang dimuliakan oleh para muslim, bahkan hari tersebut mendapatkan gelar "Sayyidul Ayyam", dan juga pada hari itu, para muslimin di dunia ini menunaikan kewajibannya sebagai muslimin yaitu shalat jum'at. Mereka semua bergerombol dan berkumpul, meninggalkan sementara aktivitas keduniawiannya, meninggalkan pekerjaannya apabila ia bekerja, dan meninggalkan dagangannya apabila ia seorang pedagang.. Berkumpul di masjid-masjid untuk mendengarkan nasehat dan kebajikan yang disampaikan oleh khatib untuk meningkatkan ketaqwaannya kepada Allah SWT. seperti termaktub pada Al-Qur'an Surat Al-Jumu'ah ayat 9-11, yang artinya:

(9) Wahai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat pada hari Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

(10) Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah sebanyak-banyaknya supaya kamu beruntung.

(11) Dan apabila melihat perniagaan ataun permainan, mereka bubar untuk menuju kepadanya dan mereka tinggalkan kamu sedang berdiri (berkhutbah). Katakanlah: "Apa yang disisi Allah adalah lebih baik daripada permainan dan perniagaan", dan Allah sebaik-baik Pemberi Rezeki.

Sementara itu malam 17 Ramadhan bagi umat Islam dikenal sebagai Nuzulul Qur’an, yakni malam turunnya wahyu pertama Kitab Suci Al-Qur’an.

Pemerintah Indonesia dalam rangka memperingati proklamasi kemerdekaan 17 Agustus membangun masjid yang sangat besar dan megah dan dinamakan dengan nama Masjid Istiqlal, yang berarti kemerdekaan. Bahkan ada cerita bahwa tinggi menara Masjid Istiqlal sama dengan ayat dalam Al-Quran yang berkenaan dengan peristiwa Nuzulul Quran pada 17 Ramadhan.

17 Agustus 1945. Kemungkinan, ada hubungannya antara kemerdekaan kita yang tepat jatuh pada tanggal 17 Ramadhan, dengan negara kita yang notabene sebagai pemeluk agama islam terbesar di dunia. Semoga negeri kita dapat menjadi baldatun thayyibatun wa rabbun ghafuur, Aamien.

sumber : http://darunnajah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar