Cari Blog Ini

Laman

Rabu, 18 Mei 2011

Logika Perulangan For bersarang dalam Ruby




pertama, dibuat sebuah program yang membuat dua buah segitiga dari bintang yang membentuk seperti huruf M. Program ini menggunakan metode perulangan. Perulangan yang digunakan adalah perulangan bersarang. Jadi ada perulangan didalam perulangan. Untuk membuat program ini pertama dibuat inputan berapa banyak perulangan yang akan dilakukan untuk menentukan berapa besar segitiga yang akan disusun dengan *. Inputan disini akan disimpan didalam variabel i dengan tipe inputan yang digunakan gets.to_i yang maksudnya inputan yang didapatkan berupa integer atau bilangan bulat. Setelah membuat nilai yang digunakan untuk menentukan berapa banyak perulangannya,

 sekarang masuk ke bagian perulangannya. Perulangan yang digunakan disini adalah perulangan for. Metodenya akan dibuat for di dalam for. Jadi for yang pertama yang akan dijalankan terlebih dahulu. pada saat for pertama berjalan, for ini akan menjalankan perintah yang ada didalam for ini, di for yang pertama ini disisipkan for yang kedua, maka for pertama ini akan menjalankan for yang kedua pada saat for yang kedua dijalankan, maka perintah-perintah dan perulangan yang ada di for akan di eksekusi, sampai semua perintah dan perulangan didalam for yang kedua ini habis di jalankan, kemudian program kembali ke for  pertama dan kembali lagi menjalankan perulangan for untuk nilai yang kedua. Dinilai yang kedua ini perulangan for yang pertama akan menjalankan lagi for yang kedua. Sama dengan tadi yang akan dijalankan, pada saat for yang kedua dijalankan perintah-perintah dan perulangan yang ada di for akan di eksekusi, sampai semua perintah dan perulangan didalam for yang kedua ini habis di jalankan, kemudian kembali lagi ke for yang pertama terus berulang-ulang sampai for yang pertama habis dijalankan, dan perulangan berhenti. For yang kedua tadi bisa disebut juga for body. Begitulah metode perulangan yang diterapkan di program ini.  




Tidak ada komentar:

Posting Komentar