Cari Blog Ini

Laman

Minggu, 02 Januari 2011

Bagaimana Program Multimedia digunakan sebagi media pembelajaran ?


Program multimedia yang digunakan sebagai media pembelajaran saat ini menjadi trend di industri multimedia. Menurut Anda, apakah program ini dapat membantu seorang siswa/mahasiswa dalam proses belajar dan dapat menggantikan posisi guru/dosen di dalam kelas? 

menurut saya, program multimedia benar-benar sangat membantu siswa / mahasiswa dalam proses pembelajaran. dengan program multimedia, proses belajar jadi lebih mudah untuk dipahami karena dengan program multimedia, materi bisa dibawakan bukan hanya berupa tulisan semata, tetapi bisa disertai dengan suara, warna yang bervariasi, gambar, bahkan video pun  bisa disertakan dalam program tersebut. saya tadi mencari beberapa resensi, di salah satu resensi yang saya temukan ada beberapa kutipan. diantaranya,
Aplikasi teknologi komputer dalam pembelajaran umumnya dikenal dengan istilah "Komputer Asisted Instruction (CAI)". dalam penjelasannya CAI merupakan istilah yang diterjemahkan sebagai pembelajaran yang dibantu dengan komputer. istilah CAI biasanya berujuk pada software atau aplikasi atau program yang berbasis pendidikan yang bisa diakses melalui perangkat komputer yand dimana user atau pengguna bisa berinteraksi dengan materi pembelajaran yang sudah terprogram dan disajikan dengan komponen suara, gambar,warna,tulisan, atau video yang disatukan. dalam resensi yang saya dapatkan, ada beberapa kutipan sebagai berikut.

program multimedia sebagai media pembelajaran yang juga merupakan program pembelajaran berbantu komputer (CAI) bisa dikelompokkan dalam format penyampaian pesannya (Hardjito, 2004) sebagai berikut:
a) Tutorial
Program ini merupakan program yang dalam penyampaian materinya
dilakukan secara tutorial, sebagaimana layaknya tutorial yang dilakukan oleh
guru atau instruktur.
b) Drill and practice
Format ini dimaksudkan untuk melatih pengguna sehingga memiliki kemahiran dalam suatu keterampilan atau memperkuat penguasaan suatu konsep.
c) Simulasi
Program multimedia dengan format ini mencoba menyamai proses dinamis yang terjadi di dunia nyata, misalnya untuk mensimulasikan pesawat terbang dimana pengguna seolah-olah melakukan aktivitas menerbangkan pesawat terbang, menjalankan usaha kecil, atau pengendalian pembangkit listrik tenaga nuklir dan lain-lain.
d) Percobaan atau eksperimen
Format ini mirip dengan format simulasi, namun lebih ditujukan pada kegiatan-kegiatan yang bersifat eksperimen, seperti kegiatan praktikum di laboratorium IPA, biologi atau kimia.
e) Permainan
Tentu saja bentuk permainan yang disajikan disini tetap mengacu pada proses pembelajaran, dan dengan program multimedia berformat ini diharapkan terjadi aktivitas belajar sambil bermain.
Dalam pembelajaran berbantuan komputer ini, peserta didik berhadapan dan berinteraksi secara langsung dengan komputer. Interaksi antara komputer dengan peserta didik ini terjadi secara individual, sehingga apa yang dialami oleh seorang peserta didik akan berbeda dengan apa yang dialami oleh peserta didik yang lainnya.


jadi program multimedia yang juga CAI banyak bisa membantu siswa/mahasiswa dalam proses pembelajaran untuk memahami materi yang dipelajari. tetapi menurut saya program multimedia tidak bisa menggeser posisi guru / dosen. menurut saya dalam melakukan pembelajaran, bukan  hanya bahan materi yang lengkap atau alat peragaan serta penjelasan yang bisa dimengerti ( yang sudah dimiliki oleh program multimedia), proses pembelajaran juga memerlukan pengalaman, dimana pengalaman ini dimiliki oleh seorang dosen atau guru dalam hal proses pembelajaran. pengalaman juga sangat penting dalam memahami sebuah atau beberapa materi. guru atau dosen lah yang memiliki itu semua (pengalaman), karena seorang guru / dosen pasti memiliki sugudang pengalaman, sudah banyak memakan asam garam dunia ini. intinya seorang guru atau dosen tidak bisa digeser posisinya oleh program multimedia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar