Cari Blog Ini

Laman

Jumat, 17 Mei 2013

Jenis Jenis Game


Pada kali ini, saya akan menjelaskan sedikit tentang beberapa jenis game yang saya dapatkan. Diantaranya:

1. Aksi – Shooting 

Seperti yang kita ketahui, shooting berarti menembak (tembak-tembakan), pada game jenis ini player akan melakukan hal-hal seperti menembak musuh, atau objek tertentu yang menjadi target, tentu saja bisa berupa 2 Dimensi ataupun 3 Dimensi, kalau dulu saya pernah memainkan game nitendo menembak burung-burung (2 Dimensi) menggunakan alat tembakan beneran. Permainan ini sangat menghibur, karena semakin banyak yang di shoot maka semakin baik nilai / point yang didapat :D

2. Petualangan
the-future-of-action-adventure-games-bioshock-infinite-max-payne-3-tomb-raider-and-more.jpg (600×375)

Pada jenis ini, player akan melakukan aksi petualangan yang sudah ada jalan ceritanya, dimana player akan terus dituntun untuk menyelesaikan misi ataupun quest, seperti permainan playstation dulu yaitu hula-hula. Pada game tersebut player harus terus berjalan melewati rintangan, namun ada juga permainan petualangan yang lebih mengasikkan, dimana ada tantangan pada setiap misi yang akan dijalankan.

3. Simulasi Konstruksi

Pada jenis ini, lebih mengedepankan skill tatanan / konstruksi, mungkin game jenis ini dapat dijadikan sebagai hobby untuk individual, contoh nya adalah game simulasi kota sim city, dimana player harus membangun kota agar mendapatkan income yang besar. Terdapat kereta, mobil, monorail, perahu, pesawat dan segala jenis gedung bisa disimulasikan pada game ini.

4. Simulasi Kehidupan


Pada jenis game ini player akan men simulasi kan seseorang pada dunia virtual. Dimana player akan menjadi seseorang yang baru untuk menjalani kehidupan pada dunia game ini, contoh dari game ini seperti the sim, jadi player bisa makan, minum, jalan, membeli rumah, membeli mobil, mengendarai kendaraan, naik kereta, dan lain sebagainya. salah satu game yang sangat terkenal dan di senangi adalah game The Sims series buatan EA Games.

5. Strategi

Game jenis ini terbagi atas:

a. Real time Strategy,

game berjalan dalam waktu sebenarnya dan serentak antara semua pihak dan pemain harus memutuskan setiap langkah yang diambil saat itu juga berbarengan mungkin saat itu pihak lawan juga sedang mengeksekusi strateginya. Contoh: Starcraft, Warcraft  dan Command and Conquer.

b. Turn based Strategy ,

game yang berjalan secara bergiliran, saat kita mengambil keputusan dan menggerakan pasukan, saat itu pihak lawan menunggu, begitu pula sebaliknya, layaknya catur. Contohnya game Front Mission, Super robot wars, Final Fantasy tactics, Heroes of might and magic, Master of Orion.

6. Puzzle

Game jenis ini menitik beratkan pada seberapa tinggikah IQ seorang playaer, karna mengharuskan otak untuk benar-benar berjalan dalam mencari solusi dari permasalahan yang diberikan, contoh game puzzle sederhana adalah menyusun potongan-potongan gambar yang dibentuk / dipecah2 menjadi banyak.

7. Simulasi kendaraan

Banyak jenis kendaraan yang dapat disimulasikan :

a. Perang

Game simulasi kendaraan yang sempat tenar di tahun 90-an ini mengajak pemain untuk menaiki kendaraan dan berperang melawan kendaraan lainnya. Dan kebanyakan diantaranya memiliki judul sama dengan nama kendaraannya. Contoh : Apache 64, Comanche, Abrams, YF-23, F-16 Fighting Eagle. Tetapi game kehidupan bajak laut seperti ‘Pirates!’ pun dapat dikategorikan disini.

b. Balapan

Dari namanya sudah jelas, siapa sampai duluan di garis finish dialah pemenangnya! Terkadang malah pemain dapat memilih kendaraan, mendandani, upgrade mesin bahkan mengecatnya. Contoh: Top Gear, Test Drive, Sega Rally Championship, Daytona, Grand Turismo, Need For Speed, Mario Cart, ManXTT.

c. Luar Angkasa

Walau masih dapat dikategorikan simulasi kendaraan perang, tetapi segala unsur fiksi ilmiah dan banyaknya judul yang beredar membuat subgenre ini pantas dikategorikan di luar simulasi kendaraan perang. Jenis ini memungkinkan pemain untuk menjelajah luar angkasa, berperang dengan mahluk alien, mendarat di planet antah berantah atau sekedar ingin merasakan bagaimana menjadi kapten di film fiksi ilmiah kesayangan kamu. Contohnya game Wing Commander, Freelancer , Star Wars X-Wing, Star Wars Tie Fighter, dll.

d. Mecha

Pendapat bahwa hampir tidak ada orang yang terekspos oleh film robot Jepang saat kecilnya tidak memimpikan ingin mengendalikan robot, memang sulit dibantah. Dipopulerkan oleh serial Mechwarrior oleh Activision, subgenre Simulasi Mecha ini memungkinkan pemainnya untuk mengendalikan robot dan menggunakannya untuk menghancurkan gedung, helikopter dan tentu saja robot lainnya. Contohnya game Mechwarrior, Gundam Last war Chronicles, dan Armored Core.

Referensi: http://forum.indogamers.com/showthread.php?t=414475

Tidak ada komentar:

Posting Komentar