Cari Blog Ini

Laman

Minggu, 09 Januari 2011

Tragedi Bintaro 19/10/1987


Artikel kali ini mengenai Tragedi Kereta 19-10-1987, atau yang lebih dikenal sebagai Tragedi Bintaro yang terjadi pada tanggal 19 Oktober 1987 di Bintaro, Jakarta Selatan tepatnya di Lengkungan “S” sekitar 200 meter setelah Palang Pintu Pondokbetung dan 8 km sebelum Stasiun Sudimara. Berikut ini detik-detik yang menegangkan tersebut.

Tanggal 19 Oktober 1987 Pukul 06.45, akan menjadi detik-detik yang akan tercatat dalam Sejarah Perkeretapian Indonesia. KA 225 Jurusan Rangkasbitung-Jakartakota yang dipimpin oleh Masinis Slamet Suradio, Asisten Masinis Soleh serta Kondektur Syafei, berhenti di Jalur 3 Stasiun Sudimara dengan ± 700 penumpang dan ditarik oleh Lokomotif BB30316. Kereta tersebut bersilang dengan KA Cepat 220 Jurusan Tanah Abang-Merak yang dipimpin oleh Masinis Amung Sunarya dan Asisten Masinis Mujiono dengan ± 500 penumpang dan ditarik oleh Lokomotif BB30616, di Jalur 2 Stasiun Kebayoran Lama.

Di St. Sudimara sendiri, di Jalur 3 terdapat KA 1035 Indocement dan di Jalur 2 terdapat Gerbong Kosong Rusak. Menanggapi hal tersebut, Djamhari yang menjabat sebagai Kepala PPKA (Pengatur Perjalanan Kereta Api) St. Sudimara, memberitahukan persilangan di St. Kebayoran Lama. Namun Umriyadi, Kepala PPKA St. Kebayoran Lama menolak pemindahan persilangan KA dan tetap meminta persilangan dilakukan di St. Sudimara. Yang kemudian akhirnya persilangan dilakukan di St. Sudimara.

Lalu Djamhari mengosongkan Jalur 2 untuk menampung KA Cepat 220 yang telah diberangkatkan Pukul 06.50 atas izin PPKA St. Kebayoran Lama, dengan memindahkan KA 225 ke Jalur 1. Djamhari memerintahkan Juru Langsir untuk melangsir KA 225 ke Jalur 1. Kemudian untuk memberi peringatan kepada Masinis dan penumpang, Juru Langsir mengibaskan Bendera Merah menuju Lokomotif KA 225 dan meniup peluit Semboyan 46 tanpa membatalkan perintah persilangan yang “terlanjur” diberikan kepada Masinis KA 225.

Masinis KA 225 mendengar Semboyan 46 Juru Langsir tersebut, tetapi ia tak dapat memastikan apakah telah ditunjukkan Semboyan 40 atau tidak (karena kondisi Lokomotif yang penuh sesak). Kemudian ia menanyakan kepada penumpang yang berdiri di luar Lokomotif, dan dijawab telah waktunya untuk berangkat. Masinis pun membunyikan Semboyan 41, disusul Semboyan 35. Ia tidak menyadari bahwa belum diberikan Semboyan 40 oleh PPKA St. Sudimara. Dan celakanya, ia mengira itu adalah semboyan yang telah diberikan PPKA adalah untuk memberangkatkan KA (berdasar jawaban penumpang), padahal itu adalah semboyan 46 untuk melangsir KA.



Akhirnya pukul 07.00 KA 225 pun berangkat tanpa izin dari PPKA St. Sudimara menuju “tujuan yang tak akan pernah tercapai”. Kontan semua petugas St. Sudimara panik hebat, terutama Juru Langsir yang kemudian mengejar KA 225 dan berhasil naik di Gerbong paling belakang. Beberapa Petugas KA pun mengejar dengan Motor. Djamhari pun mengibas-ngibaskan Bendera Merah dan menaikturunkan Sinyal Palang KA yang menggerakkan Sinyal Masuk arah Kebayoran Lama. Tapi tak satupun terlihat oleh Masinis KA 225. Kemudian Djamhari pun mengejar KA 225 dan berteriak-teriak, “Tolong… Pasti Tabrakan…Tolong… Pasti Tabrakan!!” Namun tak satupun usahanya membuahkan hasil, dan ia kembali ke St. Sudimara dan menghubungi PPKA St. Kebayoran Lama agar mengusahakan KA Cepat 220 diberhentikan di Palang Pintu Pondokbetung.

Djamhari akhirnya mencoba usaha terakhirnya dengan membunyikan Semboyan Bahaya ke Bel Genta Perlintasan. Namun sialnya, Petugas Palang Pintu Pondokbetung tidak hafal Semboyan Genta dan menganggapnya sebagai Bel Genta Percobaan. Akibatnya fatal, KA Cepat 220 berjalan lurus melewati Palang Pintu Pondokbetung tanpa diberhentikan oleh Petugas Palang Pintu Pondokbetung.

200 meter kemudian, Malaikat Maut pun turun ke bumi. KA 225 telah 8 km meninggalkan St. Sudimara dan berjalan Half-Speed (45 km/h), dan KA Cepat 220 berjalan Low-Speed (25 km/h). Mereka bertemu di Lengkungan “S”. Masinis KA 225, Slamet Suradio terkejut melihat KA Cepat 220, dan berusaha mengerem KA. Secara teoritis, hal tersebut tak akan berhasil, karena KA pada kecepatan 50 km/h saja membutuhkan 400 meter untuk dapat berhenti dengan total.

Pukul 07.10 suara benturan sangat keras mengiringi saling bertabrakannya kedua KA. Masinis & Asisten KA Cepat 220 selamat, karena berjongkok di Lantai Lokomotif. Namun Masinis & Asisten KA 225 luka parah. Karena Massa yang sangat besar, mengakibatkan masing-masing Lokomotif seakan tertelan masing-masing Gerbong (Telescopic Effect). Berdasarkan informasi dari Harian Suara Pembaruan, 72 orang tewas seketika, 200 lebih tewas karena sekarat, 300 lebih luka-luka.


Tragedi ini sangat mengguncangkan Indonesia, terutama Jakarta. Dan dikategorikan sebagai Kecelakaan KA Terbesar se-Indonesia. Sebelumnya, tanggal 20 September 1968, kecelakaan serupa pernah pula terjadi di Desa Ratujaya, Depok (sekitar 1 km setelah St. Depok), antara Kereta Cepat dan Kereta Lambat, 116 orang tewas seketika dan 67 orang luka-luka.

Kamus Kecil:
1.Semboyan 35: Ketika Masinis membunyikan Horn (Klakson) KA, sebagai Tanda KA akan diberangkatkan
2.Semboyan 40: Ketika Petugas Peron memberikan Sinyal Hijau kepada Kondektur KA, tanda jalur telah aman untuk dilalui
3. Semboyan 41: Ketika Kondektur membunyikan Peluit sebagai respon atas dimengertinya Semboyan 40 yang telah diberikan
4.Semboyan 46: Ketika Juru Langsir meniup peluit dan mengibaskan Bendera Merah, sebagai tanda kepada masinis dan penumpang bahwa KA akan segera dilangsir
Catatan:
1.Lokomotif KA Cepat 220 adalah BB30616, namun dalam ilustrasi menggunakan BB30617
2.Lokomotif KA 225 adalah BB30316, namun dalam ilustrasi menggunakan BB30317

Sumber: http://valkyriedwin.blogspot.com/2009/04/tragedi-kereta-19-10-1987.html

Galaksi

Apa Itu Galaksi?
Istilah galaksi dipake buat menyebut sekelompok bintang yg membentuk satu susunan tertentu yg terkonsentrasi ke satu pusat. Pada umumnya galaksi ini terbentuk dari 10 juta tahun sampai 10 trilyun bintang. makanya jarak sebuah galaksi dari ujung yg satu keujung yg lain bisa berkisar antara ribuan hingga ratusan ribu tahun cahaya. Sebagai Obyek penelitian galaksi trmasuk fenomena yg rumit. Pasalnya ruang tempatnya berada (jagat raya) luas banget. Dari hasil penelitian ke berbagai pelosok jagad raya, diperkirakan galaksi yg ada brjumlah ratusan milyar! itu belum tmasuk yg berada pd konstelasi yg sulit diobservasi lantaran jarak yg luar biasa jauhnya

Bagaimana Galaksi Terbentuk?
Sampai saat ini pembentukan galaksi masih mrpkan tanda tanya besar bagi para pakar astronomi. Teori yg muncul terbagi ke dlm 2 kategori besar : top-down serta bottom up. Teori-teori yg termasuk ke dlm kategori top-down biasanya menyebutkan adanya unsur protogalaxy (partikel benda langit) berkelompok membentuk galaksi. Teori ini menyebutkan durasi yg diperlukan sekitar 100 juta tahun. Sedagkan dari teori bottom-up, para astronom meyakini sejumlah bintang yg letaknya berdekatan (globular cluster) menggabungkan diri menjadi satu galaksi

Penamaan Galaksi
Cara yg digunakan adalah penggunaan kode M serta NGC. Kode M berasal dari Messier, sedangkan NGC singkatan dr New General Catalogue. Messier berasal dr nama ahli astronomi Perancis bernama Charles Messier (1730-1817) yg gemar mengamati komet. Penamaan galaksi dgn kode M adlh penghormatan atas jasanya menerbitkan katalog obyek langit, termasuk gugusan bintang atau galaksi. Pada thn 1774 hasil penelitiannya sewaktu mengamati komet. Hingga kini katalog td udah bertambah hingga galaksi ke-104. Stelah Katalog obyek langit Messier diterbitkan, para astronom amatiran pun jd ikut2an mencari obyek2 serupa. Ternyata yg ditemukan oleh para amatiran ini lebih bnyk lagi, mecapai sekitar 8000 obyek langit. Meski beberapa di antaranya ada yg udah termasuk dlm katalog Messier. Akhirnya katalog hasil penelitian para amatiran ini diterbitkan oleh J.L.E Dreyer, astrronom asal Denmark. Katalog inilah yg kemudian diberi nama NGC.

Sejarah Patung Liberty

 


Patung Liberty, kebanggaan dan simbol Kota New York, ternyata bukan dibuat di New York. Patung tersebut, yang ternyata di desain oleh pemahat Prancis, Frederic-Auguste Bartholdi pertama kali dibangun dan disusun di Prancis pada tahun 1874. Patung Dewi Kemerdekaan tersebut dipersembahkan oleh rakyat Prancis kepada rakyat Amerika, sebagai hadiah ulang tahun kemerdekaan Amerika yang ke-100.

Setelah selesai dibuat di Prancis, patung tersebut dibongkar, dan dikemas dalam 200 muatan besar untuk dikirim ke Amerika. Patung Liberty selanjutnya disusun kembali di Bedloe’s Island di mulut pelabuhan Kota New York. Sedemikian lama proses pengepakan ini, hingga patung Liberty baru bisa diresmikan pada tanggal 28 Oktober 1886, sepuluh tahun setelah HUT kemerdekaan Amerika yang ke-100. Dengan tinggi 46 meter dan berat 204 ton, Patung Liberty berdiri diatas landasansetinggi 46 meter. Bagian dalamnya diisi oleh rangka baja, sementara bagianluarnya dibuat dari plat tembaga. Rangka baja patung Liberty, dibuat dan dirancang oleh Gustave Eiffel, orang yang juga merancang dan membangun Menara Eiffel.
Sumber: http://id.shvoong.com

Imam Nawawi

Imam Nawawi
Imam nawawi lahir di desa Nawa di daerah khauran sebelah selatan kota Damsyik pada bulan Muharram 131 H. Beliau hidup di kelurga yang sangat menghargai ilmu dien. Allah memberikan kepada beliau kecintaan kepada ilmu dan hafalan Al quran. Dengan dukungan ayah beliau , imam nawawi memperoleh kemulian besar dalam kehidupan ilmiah.
Tsaqofah
Imam Nawawi pindah ke Damsyik, tinggal di madrasah untuk menuntut ilmu. Beliau sangat tekun menuntut ilmu, hafal 'at tanbih' dalam waktu 4,5 bulan, di bulan sisanya di tahun itu beliau menghafal rab'ul muhadzdzab. Beliau belajar ilmu terus menerus hingga menjadi ulama besar dalam fiqh madzhab syafi'i, dalam bidang hadits dan bahasa.
Akhlaq
Imam Nawawi dikenal sebagai seorang alim rabbani, zuhud dalam dunia, wara' dan beliau hampir tidak pernah berpaling dari ketaatan, kuat dalam amar ma'ruf nahi munkar, menasehati penguasa, tidak takut celaan orang karena Allah Ta'ala.
Kedudukan beliau
Imam memiliki kedudukan yang tinggi yang dikenal oleh ulama di jamannya. Berkaitan dengan ini syaikh ibn farh menyatakan bahwa imam nawawi memiliki tiga derajat yang satu derajatnya saja sangat berat dicapai oleh orang lain, yaitu ilmu, zuhud dan amar ma'ruf nahi mungkar.
Wafat beliau
Nawawi meninggal pada tanggal 14 rajab 176 H di Nawa. Umur Imam Nawawi memang tidak panjang, tidak lebih dari 45 tahun, meskipun demikian usia yang tidak panjang itu penuh barakah. Umur yang tidak panjang itu, beliau habiskan untuk ibadah, ketaatan, mengajar dan menulis.
Karya Imam Nawawi
Beliau mewariskan peninggallan yang berharga dalam beragam ilmu-ilmu agama, yang dapat dibaca oleh para penelaah, dan pembaca. Disaat beliau diberi kekuatan pemahaman dalam memahami nash, ilmu fiqh, ushul fiqh, mustholah, bahasa dan bidang ilmu yang lain. Diantara karangan beliau adalah
1. Minhaj fi syarah shahih Muslim
2. taahdzibul asma' waal lughoh
3. Minhajuj tholibin
4. ad daqoiq
5. Tashhihul tanbih fi fiqhil asy syafi'iyah
6. Taqrib wa tahsin fi mushtolah al hadits
7. Riyadhus shalihin min kalamisayidil mursalin
Dan tulisan-tulisan lain yang masih banyak. 
referensi : http://syuroalfarisi.blogspot.com/p/tokoh-tokoh-islam.html

Senin, 03 Januari 2011

Ricuhnya Penjualan Tiket Piala AFF 2010

Baru saja pagelaran kejuaraan sepak bola se-Asia Tenggara yang biasa di sebut Piala AFF selesai. Banyak cerita yang ditinggalkan dari pagelaran itu. Mulai dari pemain Naturalisasi, keantusiasan para suporter Timnas, sampai ricuhnya sistem penjualan tiket. kemenangan demi kemenangan yang diraih oleh Timnas Indonesia membuat semua mata para masyarakat tertuju pada kejuaraan tersebut, melupakan sejenak berbagai permasalahan yang ada. antusiasme masyarakat yang begitu besar tak sebanding  cara kerja pihak PSSI. Salah satu yang menjadi sorotan, begitu parahnya sistem penjualan tiket yang amat tidak terorganisir. ketidak tepatan jadwal penjualan yang diberikan, sampai banyaknya calo yang berkeiaran. kalau dilihat dari ilmu sosial dasar melalui sudut pandang kesiapan panitia penjualan tiket maupun panitia penyelenggara, jelas para panitia tidak siap, Sepertinya panitia tidak berpikir kalau calon pembeli juga banyak yang bakal datang dari jauh sehingga dengan seenaknya mengatur jadwal penjualan tiket. Cara kerja panitia amat acak-acakan. Perubahan Jadwal penjualan tiket yang seenaknya, membuat para pembeli tiketamat kesal, bagaimana tidak kesal, banyak dari mereka yang sudam menunggu berjam-jam, tidak bisa mendapatkan tiket satu pun. Para panitia bekerja amat tidak profesional. seharusnya pihak panitia belajar dari kesalahan yang lalu, tetapi sampai partai akhir kejuaraan ini, sistem penjualan tida ada perubahan sedikitpun, hanya harganya saja yang berubah. seharusnya panitia bisa bersifat lebih adli dan bijaksana, agar kericuhan tidak terjadi.

Minggu, 02 Januari 2011

Bagaimana Program Multimedia digunakan sebagi media pembelajaran ?


Program multimedia yang digunakan sebagai media pembelajaran saat ini menjadi trend di industri multimedia. Menurut Anda, apakah program ini dapat membantu seorang siswa/mahasiswa dalam proses belajar dan dapat menggantikan posisi guru/dosen di dalam kelas? 

menurut saya, program multimedia benar-benar sangat membantu siswa / mahasiswa dalam proses pembelajaran. dengan program multimedia, proses belajar jadi lebih mudah untuk dipahami karena dengan program multimedia, materi bisa dibawakan bukan hanya berupa tulisan semata, tetapi bisa disertai dengan suara, warna yang bervariasi, gambar, bahkan video pun  bisa disertakan dalam program tersebut. saya tadi mencari beberapa resensi, di salah satu resensi yang saya temukan ada beberapa kutipan. diantaranya,
Aplikasi teknologi komputer dalam pembelajaran umumnya dikenal dengan istilah "Komputer Asisted Instruction (CAI)". dalam penjelasannya CAI merupakan istilah yang diterjemahkan sebagai pembelajaran yang dibantu dengan komputer. istilah CAI biasanya berujuk pada software atau aplikasi atau program yang berbasis pendidikan yang bisa diakses melalui perangkat komputer yand dimana user atau pengguna bisa berinteraksi dengan materi pembelajaran yang sudah terprogram dan disajikan dengan komponen suara, gambar,warna,tulisan, atau video yang disatukan. dalam resensi yang saya dapatkan, ada beberapa kutipan sebagai berikut.

program multimedia sebagai media pembelajaran yang juga merupakan program pembelajaran berbantu komputer (CAI) bisa dikelompokkan dalam format penyampaian pesannya (Hardjito, 2004) sebagai berikut:
a) Tutorial
Program ini merupakan program yang dalam penyampaian materinya
dilakukan secara tutorial, sebagaimana layaknya tutorial yang dilakukan oleh
guru atau instruktur.
b) Drill and practice
Format ini dimaksudkan untuk melatih pengguna sehingga memiliki kemahiran dalam suatu keterampilan atau memperkuat penguasaan suatu konsep.
c) Simulasi
Program multimedia dengan format ini mencoba menyamai proses dinamis yang terjadi di dunia nyata, misalnya untuk mensimulasikan pesawat terbang dimana pengguna seolah-olah melakukan aktivitas menerbangkan pesawat terbang, menjalankan usaha kecil, atau pengendalian pembangkit listrik tenaga nuklir dan lain-lain.
d) Percobaan atau eksperimen
Format ini mirip dengan format simulasi, namun lebih ditujukan pada kegiatan-kegiatan yang bersifat eksperimen, seperti kegiatan praktikum di laboratorium IPA, biologi atau kimia.
e) Permainan
Tentu saja bentuk permainan yang disajikan disini tetap mengacu pada proses pembelajaran, dan dengan program multimedia berformat ini diharapkan terjadi aktivitas belajar sambil bermain.
Dalam pembelajaran berbantuan komputer ini, peserta didik berhadapan dan berinteraksi secara langsung dengan komputer. Interaksi antara komputer dengan peserta didik ini terjadi secara individual, sehingga apa yang dialami oleh seorang peserta didik akan berbeda dengan apa yang dialami oleh peserta didik yang lainnya.


jadi program multimedia yang juga CAI banyak bisa membantu siswa/mahasiswa dalam proses pembelajaran untuk memahami materi yang dipelajari. tetapi menurut saya program multimedia tidak bisa menggeser posisi guru / dosen. menurut saya dalam melakukan pembelajaran, bukan  hanya bahan materi yang lengkap atau alat peragaan serta penjelasan yang bisa dimengerti ( yang sudah dimiliki oleh program multimedia), proses pembelajaran juga memerlukan pengalaman, dimana pengalaman ini dimiliki oleh seorang dosen atau guru dalam hal proses pembelajaran. pengalaman juga sangat penting dalam memahami sebuah atau beberapa materi. guru atau dosen lah yang memiliki itu semua (pengalaman), karena seorang guru / dosen pasti memiliki sugudang pengalaman, sudah banyak memakan asam garam dunia ini. intinya seorang guru atau dosen tidak bisa digeser posisinya oleh program multimedia.